MODUS PENIPUAN DI SALAH SATU MALL DI SURABAYA
Hello apa kabar kalian semua? Pastinya baik-baik aja kan? Berikut
saya akan sedikit menceritakan tentang kejadian kemarin tepatnya tanggal
11 September 2018 jam 8 malam di salah satu mall yang ada di Surabaya (Lt.
2 No. 11A) supaya anda anda tidak kena jebak rayu muslihat para pemburu
konsumen yang awam alias mudah untuk di hipnotis (hampir mirip dengan itu)
dan sudah banyak di review di internet plus korban-korbannya bahkan
menceritakan detail nama penjual , alat mall, dll akan tetapi saya tetap
membluur hal tsb.
Oke lanjut cerita setelah saya bersama istri kuliner di
lantai paling atas atau food court di mall tsb saya beranjak pulang dan
sesampai di lantai 2, istri saya di hampiri oleh SPG dari “Winnxx Group”
Eits tunggu dulu nama itu saya rahasiakan ya karena siapa
tau pihak tersebut merasa risih dan nama itu saya taunya dari stempel yang ada
di browser (di toko fisik tidak ada papan nama apa pun nah lo mencurigakan kan…..)
Back to story,
Setelah istri saya di hampiri SPG tersebut dengan perkataan
bahwa istri saya akan di data oleh SPGnya supaya kelak tidak mendapatkan
tawaran lagi oleh pihak tersebut dan di beri browsur plus hadiah (berupa
bungkusan sebesar cokelat) dan digiring ke oulet mereka (dalam
hati wah istri mulai terlena dan excited tentang hadiah tsb)
Sesampainya di outlet (selama perjalanan menuju outlet SPG itu
terus mengajak ngobrol dengan memanggil mbak cantik dll supaya bertujuan akrab hehehee…
iya itulah biasa agan bayangin sendiri aja yaa rayuan mautnya yang lagi di
bangun) terdapat dua meja dan ada beberapa barang elektronik plus 3 staff antara lain :
1. Staff Perempuan yang menwari istri saya (Perawakan
cantik bernama ika gt ngakunya)
2. Staff Laki-laki perawakan gemuk sedang promo di
meja lain dengan konsumen (Skenarionya konsumen itu terindikasi
komplotannya karena mereka di setting mendapatkan hadiah catok rambut supaya
saya terlena)
3. Staff Laki-laki bertato yang disini sangat tidak
rapi sebagai marketing (yang lebih tepatnya mengalihkan perhatian
saya, di saat istri di rayu oleh staff 1)
SPG Step 1
SPG tsb cas cis cus dengan pertanyaan kerja di mana ,
tinggal dimana dan bukan pekerja dari mall Disini mereka mulai di bangun rasa
kedekatan dengan mereka tsb setelah itu mereka memberikan kartu undian yang di
dalam nya terdapat barcode yang nanti di gesek keluar angka yang jika sama
dengan di browsur maka akan mendapatkan hadiah gratis (hadiah yang telah di beri di
awal yaitu bungkusan sebesar cokelat batang di minta lagi dengan alasan karena menyetujui
memilih kartu undian yang berbarcode) antara lain :
1.
Kamera digital
2.
Magicom
3.
Strika
4.
Kompor
5.
Catok rambut
6.
TAB
SPG Step 2
Di geseklah kartu undian tsb oleh istri saya dan akhirnya
taraaaaaa kartu undian tersebut keluar angka sama persis dengan yang ada di
browsur waaah langsung Istri saya kegirangan deeh kalo saya sih dataar aja
maklum dari awal sudah curiga dan menurut saya ini jebakan yang di dalam kartu
undian tersebut semuanya pasti angka undian sama dengan browsur tsb alias semua
konsumen yang sudah masuk pada STEP 1
pasti dapat kartu undian yang angka nya sama dengan di browsur tsb.
SPG Step 3
Setelah istri saya kegirangan karena mendapatkan doorprize
(karena selama ini setiap undian istri dan saya tidak pernah mendapatkan
doorprize) di kasih pula penawaran lagi yaitu memilih hadiah yang lain
dengan catatan jika memilih hadiah yang lain maka undian tadi di anggap hangus
dan di ganti hadiah lain yang lebih bagus plus bisa memilih tiga hadiah hmmmm …
bayangkan di saat orang sudah gembira karena merasa beruntung dan di kasih
undian lagi dengan iming – iming hadiah lebih bagus plus bisa memilih 3 barang
sekaligus Cuma hanya opsi undian kartu seperti kuis “Deal or XXX XXXX” yang dulu di progam televisi kita cintai.
Berikut hadiah yang dapat di pilih :
1.
TV LED 24 Inch Rp. 1.700.000,-
2.
Juicer Rp. 4.999.000,-
3.
Laptop Thosiba Rp. 9.988.000,-
4.
Mineral POT Rp. 4.288.000,-
5.
Lemari ES Polytron Rp. 2.588.000,-
6.
Mesin Cuci Elektrolux Rp. 5.788.000,-
7.
Home Theater Rp. 6.988.000,-
8.
Slimming Suit Rp. 2.699.000,-
9.
Massage With Shooting Rp. 7.999.000,-
10.
New Hand Massage 7 in 1 Rp. 2.699.000,-
11.
Induction Cooker Rp. 4.988.000,-
12.
TV LG 21 Inch Rp. 1.588.000,-
13.
PS 4 Rp. 8.000.000,-
14.
Foot Massager Rp. 5.199.000,-
15.
I PHONE 7 S Gold Plus Rp. 12.000.000,-
SPG Step 4
Di setujuinya deh oleh istri (tetap merasa kegirangan)
dan memilih 3 item barang tersebut dan disini pihak mereka menjelaskan barang
barang di atas ada yang tidak dapat di pilih dikarenakan sudah di peroleh oleh
konsumen lain dan telah di antar kerumahnya setelah itu kami di mintai KTP (disini
saya tambah curiga lagi) akhirnya saya kasih kartu identitas SIM. Setelah itu istri memilih 3 item
antara lain :
1.
TV LED 24 Inch Rp. 1.700.000,-
2.
Juicer Rp. 4.999.000,-
3.
Home Theater Rp. 6.988.000,-
SPG Step 5
Si SPG tersebut menjelaskan (perkiraan saya dan istri di rayu
sudah hampir memakan waktu lebih dari 30 menit, bisa di bayangin betapa lamanya
membangun rasa gembira dan terus mau mengikuti alur tersebut baik dengan
perkataan, tatapan mata dan kontak fisik) jika nanti memilih undian ini
dan keluar hadiah yang di pilih tersebut maka tidak dapat di “CANCEL” (SPG tsb menjelaskan ini dengan nada cepat dan di bumbui manisnya
mendapatkan hadiah ini oleh para konsumen mereka, jika kalian tidak mencermati
betul pasti tidak menangkap kata CANCEL dan terbukti istri saya tidak paham
dengan ini, bahkan saya cubit pun tidak berasa hmmm nah istri sudah kena
hipnotis gaan karena cubitan saya di pikiran istri mau mengajak pulang padahal
yang saya maksud jangan di teruskan) dan hanya di tebus dengan mengganti
biaya iklan versi mereka antara lain sebagai berikut :
1.
TV LED 24 Inch Rp. 1.700.000,- ==> Biaya iklan Rp.
390.000,-
2.
Juicer Rp. 4.999.000,- ==> Biaya iklan Rp. 2.200.000,-
3.
Home Theater Rp. 6.988.000,- ==> Biaya iklan Rp. 2.400.000,-
Nah lo kalo yang nomer 1 sih saya tidak keberatan dan siap
bayar cash hehehe.. lha akan tetapi jika yang keluar no. 2 dan 3 ini yang
repot. Akan tetapi pihak SPG terus menanyakan antara lain :
1.
Jika mendapatkan hadiah nomer 1 apakah ready
dana cash Rp. 390.000? “jawaban istri siap”
2.
Jika mendapatkan hadiah nomer 2 apakah saldo ATM
ready dana cash Rp. 2.200.000,- “jawaban istri ada”
3.
Jika mendapatkan hadiah nomer 3 apakah saldo ATM
ready dana cash Rp. 2.400.000,- “jawaban istri ada tetapi mulai ragu kalo
membayar segitu”
(Berikut penampakan coretan tentang biaya iklan yang harus di keluarkan)
Setelah itu di kasih lah opsi memakai Uang muka / Down
Payment dll, disini saya sudah sangat jengkel karena pihak SPG sudah menanyai
tentang saldo di ATM yang sejatinya itu merupakan hal yang sangat sensitif,
karena apa disini jika pihak SPG sudah mengetahui saldo di rekening saya, maka
dapat di pastikan undian nanti akan keluar hadiah no 2 atau no 3 karena kami
sudah siap dana segar tersebut (sudah paham kan disini gimana mereka bangun
opini dan sugesti-sugesti menyenangkan hati konsumen dan terlena bujuk rayu
undian berhadiah yang ujung ujungnya bayar biaya iklan versi mereka bisa DP
memakai uang berapapun dan barang dikirim ke alamat karena mereka sudah tau
identitas kita di awal tadi , hmmm… padahal itu merupakan harga yang ada di
pasaran kecuali no 1 yang tidak mungkin kita dapatkan dan juga di bumbui
penawaran yang sangat sistematis sekali masukkk pak Eko xixixi) dan
disini saya langsung potong mereka bahwasannya saya tidak minat dengan nada
agak tinggi. Setelah itu mereka hanya berucap “Iya mungkin lain kali berminat dan
di pikirkan terlebih dahulu di rumah bla blaa blaaa” akhirnya saya
pergi deh, akan tetapi istri masih aja rada kucel waktu saya potong tadi karena
bersikukuh ingin dapat juicer dan baru sadar setelah saya jelaskan sambil jalan
ke parkiran (Alhamdulillah tidak keluar uang sepeserpun).
Kesimpulan :
1.
Jangan mudah dan tertarik dengan SPG yang tidak
berseragam, tanpa ID card dll;
2.
Jangan pernah memberikan kartu identitas kita
KTP;
3.
Jangan membiarkan pikiran kita kosong atau ling
lung dan banyak banyak baca dzikir;
4.
Jangan sendirian yak karena disaat kita kena
hipnotis masih ada teman yang mengcover kita;
5. Jangan menginformasikan saldo di rekening kita;
6. Hati hati dan berdoa karena semua itu terjadi hanya
karena Kuasa-Nya semata.
Saran :
1. Setidaknya penyedia atau pengelola Mall sering
lakukan mistery guest di outlet-outlet mereka dan menyaring dengan ketat
penyewa outlet tsb.
2. Konsumen yang sudah terlajur merasa di rugikan
dapat melapor ke pengelola mall tsb;
3. Maupun lapor ke Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Jawa Timur di alamat Jl. Gayungsari Tim.
No.35, Menanggal, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan
jangan lupa komen aja jika mengalami hal serupa tsb.
Comments
Post a Comment